Bismillahirrah manirrahim

Assalamu Alaikum Wr Wb

Syukur Alhamdulillah, MTsN 5 Ponorogo telah sukses menggelar acara santunan anak yatim dalam rangka memperingati Hari Asyura atau 10 Muharram 1444 H.Bertempat di halaman MTsN 5 Ponorogo, Senin (08/08) Kegiatan tersebut dilaksanakan setelah Upacara Bendera sekitar pukul 07.30 WIB, dengan sasaran peserta didik MTsN 5 Ponorogo sejumlah 40 .

Pemberian santunan anak yatim ini dipimpin oleh Drs. Moh.Haris, M.Pd.I selaku Kepala MTsN 5 Ponorogo. Selanjutnya, diadakan acara salam-salaman oleh seluruh guru dan karyawan MTsN 5 Ponorogo kepada semua anak yatim/piatu/yatim piatu. Kepala MTsN 5 Ponorogo menjelaskan bahwa tujuan utama dalam kegiatan tersebut adalah meningkatkan iman dan taqwa dengan segala cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT serta menumbuhkan kesadaran diri pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik untuk membelanjakan hartanya di jalan Allah SWT dengan menyantuni anak yatim/piatu.

Ditambahkan oleh Drs. Moh. Haris, M.Pd.I bahwa Muharram merupakan bulan mulia yang patut diisi dengan cara memperbanyak amal sholih, salah satunya yaitu menebar berkah dengan berbagi dan menyantuni anak yatim piatu. Oleh karena itu anak-anak yatim piatu di lingkungan madrasah selalu menjadi perhatian kami, karena mereka juga generasi bangsa, yang patut mendapatkan perhatian, hal tersebut sesuai dengan prinsip sekolah ramah anak yaitu nondiskriminasi. Alhamdulillah kegiatan berjalan dengan lancar dan tertib.

Dalam QS. Al-Baqarah [2]: 220) Allah berfirman, “Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakan lah “Memperbaiki keadaan mereka adalah baik”. Selain itu dalam sebuah hadits Ibnu Majah disebutkan bahwa “Sebaik-baik rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim yang diperlakukan dengan baik. Dan sejelek-jelek rumah di kalangan kaum Muslimin adalah rumah yang terdapat anak yatim dan dia diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah).

Selanjutnya, Drs. Moh. Haris, M.Pd.I  juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kami sampaikan kepada bapak/ibu keluarga besar MTsN 5 Ponorogo yang telah berkenan untuk menyisihkan rizqinya guna suksesnya kegiatan Muharam, teriring doa semoga Allah membalas dengan balasan yang lebih baik, semoga yang diinfaqkan diterima Allah SWT  dan akan mendapatkan pahala selalu mengalir walau kita sudah meninggal dunia kelak, serta semoga menjadi perantara Allah mengkaruniakan rohmah, dan keberkahan rizqi kita, Aamiin, pungkasnya.

Ustadz Fadil , Selaku ketua panitia kegiatan tersebut menjelaskan bahwa sumber dana murni berasal dari sedekah dari Kamad, guru karyawan total donasi terkumpul Rp. 4.732.000 yang seluruhnya disalurkan pada 40 peserta didik yatim,piatu, dan yatim piatu. Oleh karena itu, Ustadz Fadil berharap semoga dengan nilai yang sekian itu dapat membantu dan bermanfaat bagi peserta didik yang menerima, serta dapat menanamkan saling berbagi antar sesama,  semangat belajar dan membantu kebutuhan sehari-hari.

Santunan Anak Yatim MTsN 5 Ponorogo dalam Memperingati 10 Muharram 1444 H

Leave a Reply

Your email address will not be published.