Merujuk kepada kelender pendidikan RA/madrasah di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian agama Prov. Jawa Timur Tahun Pelajaran 2020/2021, bahwa dalam rangka peningkatan ketaqwaan di bulan suci Ramadhan Tahun 1442 H/2021 M. bahwa kegiatan pondok Ramadhan dilaksanakan mulai tanggal 19 April sampai 23 April 2021.

Sebagaimana disebutkan dalam surat edaran bahwa kegiatan pondok Ramadhan wajib mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan. Pelaksanaan pondok Ramadhan memakai moda PTM atau daring. Sedangkan materi pondok Ramadhan meliputi tadarus al Quran, fiqih ibadah dan kajian Islam moderasi beragama.

Berdasarkan hal tersebut, maka madrasah

kami juga melaksanakan kegiatan pondok Ramadhan yang dibuka pada hari ini Tanggal 19 April 2021, oleh  kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 5 Ponorogo (Drs. Moch. Haris, M. Pd. I).

Pondok Ramadhan dilaksanakan selama 6 hari dengan sistim rolling class. Perharinya tiga rombel secara bergantian hadir di madrasah, tentunya dengan mematuhi protokol kesehatan. Dengan memakai masker, Cek suhu badan terlebih dahulu, lalu cuci tangan. Dan menjaga jarak.

Sedangkan kegiatan pondok Ramadhan dimulai dari pukul 07.30-09.00 adalah tadarus awwal, dan dilanjutkan shalat dhuha dan kultum pada pukul 09.00-10.00. Yang mana materi kultum mengenai kaifiyah shalat, kaifiyah thaharoh, meneladani Nabi, ukhuwah basyariyah, keimanan dan hikmah Ramadhan. Materi kultum ini disampaikan bergantian setiap harinya selama enam

 

hari.

Setelah i

tu istirahat dari pukul 10.00-10.30, dan dilanjutkan tadarus tsani pada pukul 10.30-11.45. Lalu diakhiri dengan pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah 11.45-12.00, lalu pulang.

Semoga kegiatan pondok Ramadhan ini bisa lancar sampai akhir pelaksanaan. Aamiin.

Pembukaan Pondok Ramadhan (Menyongsong Generasi Muslim Qurani dan Berakhlakul Karimah)
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.