Ponorogo – Pemerintah telah secara resmi menjadikan ANBK adalah sebagai pengganti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Kepala MTsN 5 Ponorogo, Drs. Moch. Haris, M.Pd.I pantau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) pada sesi pertama, Senin (19/09/2022).

Diketahui bahwa pelaksanaan ANBK untuk tingkat satuan pendidikan dasar yakni Senin – Selasa 19-20 September 2022. Untuk jadwal hari Senin Literasi dan Survei Karakter sedangkan hari Selasa Numerasi dan Survei Lingkungan Belajar.

Sesi pertama ANBK MTsN 5 Ponorogo terpantau lancar, demikian hasil pantauan kepala madrasah.

ANBK adalah penilaian yang fokus melakukan tindakan evaluasi input, proses, dan output pembelajaran melalui serangkaian tahapan tertentu, selain itu ANBK juga sebagai sebuah evaluasi yang dilakukan pemerintah untuk pemetaan mutu sistem pendidikan pada tingkat satuan pendidikan.

Pelaksanaan ANBK bisa dilakukan secara online dan semi-online, Peserta yang berhak mengikuti ANBK adalah para siswa yang berada di tingkat satuan pendidikan dasar dan menengah.

MTsN 5 Ponorogo sebagai salah satu madrasah pada tingkat satuan pendidikan dasar melaksanakan ANBK, yang dilaksanakan dalam 2 sesi dan diikuti oleh 45 peserta utama dari kelas VIII dan 5 peserta cadangan. Pelaksanaan ANBK melibatkan 1 proktor, 1 teknisi dan 2 pengawas.

MTsN 5 Ponorogo memilih melaksanaan ANBK secara semi online karena memerlukan bandwidth internet relatif lebih kecil dibanding moda online, yaitu hanya sekitar minimal 1 Mbps untuk setiap 15 client dan relatif lebih lancar

Berdasar keterangan dari Kepala MTsN 5 Ponorogo, Drs. Moch. Haris, M.Pd.I bahwa ada tiga instrumen penilaian dari ANBK sebagai bagian dari evalusi pemerintah meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Yang pertama Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan literasi matematika (numerasi) siswa, kedua Survei Karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter siswa, dan ketiga Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

“Alhamdulillah ANBK MTsN 5 Ponorogo untuk hari pertama dan kedua terlaksana dengan lancar, aman dan sukses, dengan harapan diperoleh hasil yang maksimal dan memberi gambaran kondisi riil MTsN 5 Ponorogo sesuai tujuan pelaksanaan ANBK”, ujar Kepala madrasah.

Kepala madrasah apresiasi kinerja Proktor, Ahmad Dadik Elyfendi, S.Pd dan Teknisi Tedy Prasetyo, S.Pd dengan menyampaikan, terima kasih atas kerja samanya, kerja ikhlasnya dalam membimbing siswa menghadapi sejak awal simulasi, gladi sampai pelaksanaan ANBK utama hari ini, dengan harapan siswa dapat memahami teknis pelaksanaan dan pelaksanaan ANBK utama dapat berjalan lancar, Pungkasnya.

Pelaksanaan ANBK 2022 MTsN 5 Ponorogo Berjalan Lancar dan Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published.