PONOROGO – Telah dilaksanakan Outdoor Learning MTsN 5 Ponorogo di daerah Yogyakarta tepatnya pada tanggal 18 Mei 2022. Kegiatan ini diikuti oleh siswa-siswi kelas IX MTsN Ponorogo sebanyak 142 orang dan didampingi oleh Bapak / Ibu Guru sebanyak 21 orang. Siswa-siswa ini sangat antusias mengikuti kegiatan Outdoor Learning dikarenakan mereka bisa belajar sambil bermain dengan teman dan program ini pun dilaksanakan kembali setelah 2 tahun tidak ada karena adanya pandemi Covid-19.
Tepat pukul 01.00, siswa-siswi berkumpul di halaman madrasah untuk mengikuti pengarahan dari panitia kegiatan serta dilakukan checking kehadiran peserta. Sebelum pemberangkatan, mereka dihimbau untuk menjaga kesehatan selama di perjalanan dan tidak diperkenankan untuk bepergian di luar lokasi tujuan yang telah ditetapkan. Setelah semua siswa hadir, tepat pukul 02.00 mereka masuk ke dalam bus masing-masing. Bus yang digunakan sebanyak 4 bus dengan 4-5 guru pendamping tiap bus.
Setelah melalui perjalanan selama 2 jam, rombongan MTsN 5 Ponorogo tiba di Wonogiri untuk melaksanakan Sholat Subuh terlebih dahulu. Pukul 05.00, kami melanjutkan perjalanan ke Rumah makan dan pukul 07.00 tiba di Rumah Makan. Disana, kami juga melakukan bersih-bersih, mandi, sebelum melajutkan ke tempat wisata.

Pada pukul 08.30, tibalah kami di Lokasi Wisata ke -1 yaitu Candi Prambanan. Disini, kami bisa menikmati arsitektur bangunan Candi Prambanan yang merupakan peninggalan sejarah dan kebudayaan bangsa kita dan patut kita lestarikan. Siswa-siswa sangat antusias mengelilingi lokasi wisata yang terbilang sangat luas yakni 39,8 hektar. Pada halaman utama terdapat tiga Candi Utama, tiga Candi Wahana, dua Candi Apit, dan delapan Candi Patok yang dibatasi oleh pagar keliling, sedangkan di halaman kedua terdapat 224 Candi Perwara.

Pukul 11.00, kami melajutkan perjalanan menuju lokasi wisata ke-2. Selama kurang lebih 1 jam, kami tiba di Malioboro. Untuk menuju teras Malioboro, kami harus berjalan kaki dari lokasi tempat parkir bus. Akan teapi, perjalanan ini tak terasa melelahkan karena kami bisa menikmati suasana Malioboro yang bagus dan khas Jogja. Di Teras Malioboro, para pengunjung bisa membeli oleh-oleh berupa baju ataupun kerajinan. Kami juga beristirahat sejenak sambil makan siang disana.

Perjalanan kami pun berlanjut dan tibalah kami di lokasi wisata ke-3 yakni Heha Sky View tepatnya pada pukul 16.00. Disana para pengunjung bisa menikmati berbagai spot foto yang estetik. Selain itu, kami juga bisa menikmati suasana alam da panrama kota Yogyakarta yang begitu indah karena lokasi Wisata Heha sky View berada di daerah Gunung Kidul.
Kemudian, kami melajutkan perjalan menuju Pusat Oleh-Oleh Kirun untuk dapat membeli oleh-oleh khas Jogja seperti bakpia pathok. Lalu, sebelum melanjutkan perjalan pulang, kami mampir dulu untuk ishoma di Rumah Makan Kirun. Tepat pukul 20.40 kami melanjutkan perjalanan pulang ke Ponorogo. Alhamdulillah, kami bisa kembali dengan selamat di MTsN 5 Ponorogo pada pukul 23.30.

Outdoor Learning Siswa-Siswa MTsN 5 Ponorogo ke Yogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published.