Ponorogo – Telah diselenggarakan kegiatan “Purna Siswa dan Wisuda Tahfidz MTsN 5 Ponorogo Tahun 2022” dengan tema “Meraih Cita Menggapai Asa, Jauh di Mata Dekat di Hati” pada hari Selasa, 24 Mei 2022. Kegiatan ini berjalan dengan lancar berkat kerjasama yang baik antara Panitia Kegiatan, Guru, OSIM dan pihak terkait yang membantu pelaksanaan kegiatan hingga selesai.

Dalam kegiatan pra acara, diisi oleh penampilan hadroh MTsN 5 Ponorogo, sambil menunggu para tamu undangan hadir seluruhnya.

Penampilan Hadroh dari siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo

Rangkaian kegiatan “Purna Siswa dan Wisuda Tahfidz MTsN 5 Ponorogo Tahun 2022” dipandu oleh MC dari Guru (Artin Fitriana dan Tri Nur Cahyanto) dan MC dari siswa .

MC Siswa: Bekti Ilyas, M. Irfan Aziz, dan Emi Liyana.

Pertama-tama Kepala madrasah dan para jajarannya memasuki gedung, dilanjutkan dengan para wisudawan dan wisudawati.

Bapak Kepala Madrasah dan jajarannya memasuki gedung diikuti dengan wisudawan wisudawati
Para tamu undangan.

Acara kedua yakni pembukaan dengan membaca Surah Al-Fatihah bersama-sama. Dilanjutkan dengan acara ketiga yakni Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Alif (8F).

Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an oleh Alif 8F.

Acara keempat yakni menyanyikan Indonesia Raya dan Hymne Madrasah yang dipandu oleh Dirijen.

Dirijen oleh salah satu siswa MTsN 5 Ponorogo.

Dilanjutkan acara kelima yakni sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama dari Kepala MTsN 5 Ponorogo, Bapak Drs. Moch. Haris, M.Pd.I. Dalam sambutannya beliau mengucapkan selamat kepada siswa-siswi kelas IX yang telah diwisuda. “Selamat dan sukses untuk anak-anakku kelas IX yang telah berhasil menempuh pendidikan selama 3 tahun di MTsN 5 Ponorogo. Semoga anak-anakku semua sukses untuk menempuh pendidikan di jenjang selanjutnya”, kata Bapak Haris.

Sambutan kedua yakni dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Ponorogo, Bapak Dr. H. Nurul Huda, M.Pd.I.

Sambutan dari Bapak Drs. Moch. Haris , M.Pd.I.
Sambutan dari Bapak Dr. H. Nurul Huda, M.Pd.

Acara keenam yakni prosesi wisuda dan pengukuhan oleh Kepala Madrasah yang dimulai dari kelas 9A sampai 9F. Dalam prosesi ini diiringi dengan lagu yang dibawakan oleh paduan suara MTsN 5 Ponorogo.

Prosesi Wisuda Siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo

 

Paduan Suara Siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo.

Terdapat penampilan khusus persembahan dari siswa-siswi kelas Tahfidz (9E dan 9F) yakni menyanyikan sebuah lagu. Lagu dibawakan dengan apik sehingga membuat para tamu undangan terharu.

Penampilan dari Siswa-siswi kelas Tahfidz.

Acara ketujuh yakni acara sungkeman kepada orang tua/ wali masing-masing siswa. Disini, siswa-siswi juga memberikan rangkaian bunga kepada orang tua sebagai simbol kasih sayang dan terima kasih karena telah membesarkan dan membimbing hingga saat ini. Suasana tambah haru kala diiringi oleh uantaian puisi yang menyentuh hati dari Bapak Taqiyuddin.

Prosesi sungkeman kepada orangtua / wali.

Acara kedelapan yakni penyampaian kesan dan pesan. Penyampaian kesan diwakili oleh siswa kelas 9F bernama Nafid Syaifuddin. Sedangkan penyampaian pesan diwakili oleh siswi kelas 8F yang bernama Salsa.

Penyampaian kesan oleh Nafid Syaifuddin kelas 9F.
Penyampaian pesan dari Salsa kelas 8F.

Acara kesembilan pemberian penghargaan siswa berprestasi.
1. Siswa berprestasi dalam bidang akademik – Saifut am Waroh kelas 9D
2. Siswa teladan – Nafid Syaifuddin kelas 9F
3. Siswa dengan hafalan terbanyak (6 juz) – Novy Anggraini kelas 9F.

Pemberian penghargaan siswa-siswi berprestasi.

Selanjutnya, acara kesepuluh yakni penampilan tari reyog dari MtsN 5 Ponorogo. Sungguh apik dan energik siswa-siswi dalam menampilkan tarian ini. Semua penonton antusias dan menikmati.

Penampilan tari reyog dari siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo

Acara kesebelas yakni sambutan dari komite madrasah. Kemudian, acara yang terakhir adalah doa dan penutup. Rangkaian acara “Purna Siswa dan Wisuda Tahfidz MTsN 5 Ponorogo Tahun 2022” ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Bapak Samsuri.

Pembacaan Doa oleh Bapak Samsuri.

Dengan demikian, telah selesailah segala rangkaian acara “Purna Siswa dan Wisuda Tahfidz MTsN 5 Ponorogo Tahun 2022”. Sekali lagi, Selamat dan Sukses untuk siswa-siswi kelas IX. Semoga kalian semua bisa menggapai cita-cita yang kalian inginkan. Aamiin.

Purna Siswa dan Wisuda Tahfidz MTsN 5 Ponorogo Tahun 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published.