ANBK MTs Negeri 5 Ponorogo Berjalan Lancar
MTs Negeri  5 Ponorogo – Pelaksanaan Asessment Nasional Berbasis Komputer (ANBK) berbeda dengan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) karena pelaksanaan ANBK tidak akan mengevaluasi capaian siswa secara individu, tetapi mengevaluasi data serta memetakan sistem pendidikan berupa input, proses dan hasil. ANBK diikuti semua lembaga penyelenggara pendidikan termasuk tingkat MTS/SMP yang dimulai kemarin Senin (4/10/21).

Sebagai salah satu lembaga penyelenggara pendidikan tingkat menengah Pertama, MTs Negeri 5 Ponorogo menyelenggarakan ANBK Senin – Selasa (4-5/10). ANBK hari pertama adalah asesmen literasi, sedangkan hari kedua adalah asesmen numerasi. Diikuti 45 siswa kelas VIII, ANBK di MTs Negeri 5 Ponorogo dilaksanakan dengan protokol kesehatan (prokes) yang ketat, namun Asesmen Nasional berjalan tanpa kendala.

Moch Haris, kepala MTs Negeri 5 Ponorogo memantau langsung kegiatan ANBK. Beliau dengan telaten mengarahkan panitia untuk sigap dan siap dalam keadaan apapun. Moch Haris juga berharap pelaksanaan ANBK MTs Negeri 5 Ponorogo berjalan lancar, tidak ada kendala baik di teknis maupun nonteknis.

“Kepada segenap panitia, silakan Anda periksa setiap tugasnya jika ada kendala kita atasi bersama. Untuk anak-anakku para duta Madrasah selamat berjuang. Nama MTs Negeri 5 Ponorogo ada di tangan kalian semua, kalian diberi beban tapi jangan merasa dibebani. Dibawa santai saja tapi juga tetap serius. Kita berjuang bersama untuk Madrasah kita tercinta. Kita sudah berdoa dan berusaha, selanjutnya kita pasrahkan saja kepada Allah Yang Maha Kuasa,” ujar Moch Haris.

Menurut TEDY PRASETYO, panitia ANBK MTs Negeri 5 Ponorogo, asesmen dilaksanakan sebanyak dua sesi yang terbagi dalam dua ruang. Siswa harus hadir 15 menit sebelum asesmen dimulai. Kemudian mereka memastikan kesiapanya. Persiapan tersebut meliputi persiapan teknis, seperti perangkat serta kesiapan mematuhi prokes Covid-19. Setelah semua siap siswa bisa mulai mengerjakan pukul 07.30 WIB sampai pukul 09.40 WIB.

Tedy yang juga guru Bahasa Inggris juga menambahkan bahwa peserta ANBK nampak semangat. Ia menuturkan bahwa tidak ada siswa yang terlambat, semua hadir sebelum ANBK dimulai. Siswa juga mengerjakan dengan tenang dan tidak ada siswa yang bekerjasama. “Alhamdulillah untuk pelaksanaan ANBK selama dua hari berjalan lancar. Tidak ada kendala yang berarti, termasuk masalah jaringan yang sebelumnya menjadi kekhawatiran panitia,” tuturnya.

Senada, Ziyan pengawas ANBK pada salah satu ruang mengatakan bahwa pelaksanaan ANBK di MTs Negeri 5 Ponorogo berjalan lancar. Ziyan menuturkan tidak ada kendala berarti yang ditemui. Anak-anak tetap menjaga prokes dan mampu mnciptakan suasana kondusif.

“Alhamdulillah ANBK berjalan lancar. Anak-anak sampai madrasah tidak ada yang terlambat serta tetap menjaga prokes yang berlaku. Untuk sarana ANBK juga tidak ada trouble. Semoga hasilnya seperti yang diharapkan,” harap Ziyan yang juga guru IPA di MTs Negeri 5 Ponorogo.

 

MTs NEGERI 5 PONOROGO IKUTI ANBK UTAMA TAHUN 2021
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.