Dalam rangka memperingati hari santri nasional yang jatuh pada tanggal 22 oktober 2021, maka MTsN 5 Ponoroo melaksanakan kegiatan yang bertajuk religius. Kegiatan  kita laksanakan selama 2 hari  pada  hari sabtu dan minggu 16 sd 17 Oktober 2021.

Kegiatan keagamaan ini di pelopori oleh kelas unggulan Tahfidzul Qur’an yang di ikuti oleh sebanyak 130 siswa-siswi tahfidz. Acara ini di buka oleh Bapak kepala MTsN 5 Ponorogo Drs. Moch. Haris, M.Pd.I dan diikuti oleh seluruh ustdaz dan ustdazah, hafidz- hafidzoh kelas Tahfidzul Qur’an, Bapak Ibu  Waka dan Panitia MMQ (Malam Mukhafadhotul Qur’an).

Acara ini di laksanakan sekaligus sebagai agenda tahunan untuk kelas Tahfidzul Qur’an yang di kemas dalam bentuk kegiatan mabit atau MMQ (Malam Mukhafadhotul Qur’an). Tujuan di laksanakan kegiatan ini adalah untuk mencetak siswa-siswi menjadi generasi qur’ani yang cinta alqur’an dan mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dalam Sambutanya  bapak kepala MTsN 5 Ponorogo Bapak  Drs. Moch. Haris, M.Pd.I mengatakan bahwa  “ Segala sesuatu  yang berhubungan dengan alqur’an maka di situ Alloh akan memuliakan  derajat kita , baik di dunia maupun  di aherat, maka dari itu kegiatan ini adalah salah satu kegiatan yang sangat positif dan harus di lanjutkan secara periodik untuk masa yang akan datang”.

Menurut ibu Siti Muflihah M,Pd.I selaku pengelola kelas Tahfidzul Qur’an bahwa kegiatan ini sudah menjadi  agenda rutin kelas Tahfidzul Qur’an setiap 3 bulan sekali dengan tujuan:

  1. Mencetak siswa siwi kelas tahfid agar mampu menjadikan alqur’an sebagai pedoman hidupnya dan bisa menjadi tuntunan mereka baik dalam segi ucapan tindakan dan tingkah laku dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Alloh swt
  3. Membentuk nilai-nilai karakter,tanggung jawab, disiplin, percaya diri dan saling menghargai

Kegitan ini di dukung 100 % oleh seluruh wali murid tahfidz dan anak-anakpun sangat antusias dan bersemnagat dalam mengikuti kegiatan ini.

                Dari perkembangan kelas tahfidz itu sendiri sejauh ini dikatakan bahwa  sejak berdirinya kelas Tahfidzul Qur’an  di MTsN 5 Ponorogo animo masyarakat urnutk memasukan putra-putrinya ke kalas tahfidz setiap tahun semakin meningkat tajam. Hal ini terbukti pada tahun 2016 kemarin hanya 3 kelas, tahun 2017 menjadi 4 kelas, dan hingga saat ini di MTsN 5 Ponorogo telah memiliki kelas Tahfidz sebanyak 6 kelas dengan masing-masing kelas sebanyak 22 sampai 24 siswa.

                Bersamaan dengan meningkatknya animo masyarakat tersebut maka kami dari lembaga dan pengelola juga selalu berkomitmen untuk selalu meningkatkan proses pembelajaran tahfidz dengan  metode-metode yang bervariasi dan selalu melakukan pembaharuan, agar siswa-siswi tidak merasa jenuh dalam mengikuti pembelajaran tahfidz sehingga kelak siswa-siswi tahfidz bisa menuntaskan hafalanya sesuai dengan target yang telah di tetapkan yakni 6 juz mutqin  dan alhamduilah  di tahun 2021 ini dari  kelas tahfidz di MTsN 5 Ponorogo telah berhasil menuntaskan dan meluluskan wisudawan yang hafalanya 10 juz mutqin.

Kegiatan ini kita tutup bersama-sama  dengan membaca solawat thibbil qulub dan sholawat nariyah sebanyak 9 kali. Dengan harapan mudah-mudahan siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo selalu di beri kesehatan dan terhindar dari segala bala’. Dengan berakhirnya acara ini kami berharap bahwa kelas Tahfidzul Qur’an di MTsN 5 Ponorogo nanti bukan hanya sekedar sebagi kelas unggulan tetapi sebagai icon dari MTsN 5 Ponorogo.

Menyambut Hari Santri Nasional (HSN) MTsN 5 Ponorogo adakan Malam Mukhafadhotul Qur’an (MMQ)
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.