Dalam rangka mensyiarkan agama islam kepada peserta didik tingkat SD/MI, pada hari Minggu 6 Maret 2022 MTsN 5 Ponorogo telah mengadakan event Lomba Tahfidzul Qur’an. Lomba tahfizul qur’an ini diikuti oleh sekitar 80 siswa/siswi tingkat SD/MI yang berada di wilayah sekitar Kecamatan Jambon, Badegan dan Kauman.

Event bergengsi ini mengambil Tema “MEMPERSIAPKAN GENERASI MUSLIM YANG QUR’ANI DALAM MENYONGSONG ABAD 21”. Tema ini sengaja kita ambil dalam rangka untuk membekali peserta didik baik di tingkat dasar maupun menengah untuk membiasakan membaca /tilawah alqur’an, serta mampu menghafalnya ayat demi ayat, surat demi surat dan juz demi juz, dengan harapan kelak mereka bisa menjadikan alqur’an sebagai pedoman dalam bertingkah laku untuk kehidupan sehari hari, sehingga mereka tidak terombang-ambing dalam menempuh kehidupan di abad 21.

Tujuan dari diadakanya event Lomba Tahfidzul Qur’an ini adalah untuk melatih peserta didik mampu bersaing secara kompetitif, terutama dalam menghafal alqur’an, agar mereka lebih termotivasi untuk lebih giat dalam menghafalkan alqur’an. Selain itu juga untuk mengfasilitasi dan memberikan apresiassi pada peserta didik agar biasa mengembangkan bakatnya dalam menghafalkan alqur’an.

Lomba tahfidz ini dilaksanakan dengan 3 kategori pilihan, dimana masing-masing kategori memiliki derajat kesulitan yang berbeda-beda tingkatanya, dan tentunya peserta yang akan mengikuti lomba, bisa memilih salah satu dari kategori tersebut sesuai dengan kemampuanya.

Untuk  kategori 1 kita ambil surat An-naba’sebagai surat wajibnya, dan sambung ayatnya adalah surat An-nazi’at dan surat ‘Abasa. Kategori 2 surat wajibnya adalah  surat Al-’ala dan sambung ayatnya surat Al-’alaq dan surat Al-bayyinah. Sedangkan untuk kategori 3 nya surat wajibnya adalah surat Ad-dhuha dan sambung ayatnya surat At-takasur dan Al-humazah.

Antusiasme para peserta lomba ini sangat timggi sekali. Hal ini di buktikan mereka datang tepat waktu  sehingga tepat pukul 07.00 acara ini di mulai dengan opening ceremony yang di buka oleh bapak Kepala MTsN 5 Ponorogo Drs. Moch Haris, M.Pd.I yang di dampingi oleh waka kesiswaan bapak Agus Wibowo, S.Pd serta ibu Siti Muflihah, M.Pd.I selaku pengelola kelas tahfidz.

Dalam sambutanya bapak Kepala Madrasah (Moch. Haris) mengatakan bahwa “kita harus bangga kepada peserta didik, yang masih mau membaca apalagi mau menghafalkan alqur’an. Karena siapapun yang mau dan mampu menghafalkan alqur’an akan di angkat derajatnya oleh Allah SWT, di dunia maupun di akhirat kelak . Bahkan sekarang banyak sekali lembaga lembaga pendidikan yang sudah memberikan fasilitas beasiswa kepada para penghafal alqur’an, baik di tingkat menengah ataupun di perguruan tinggi, oleh karena itu berbahagialah anak-anaku karena kalian semua yang di sisni, adalah termasuk hamba-hamba Allah  yang  akan dimuliakan Allah”.

Selain itu beliau juga mengatakan bahwa “anak-anak yang mampu menghafal alqur’an, baik itu satu juz dua juz atau bahkan 10 juz adalah anak-anak pintar dan  terpilih, karena mereka punya nilai plus daalm bidang pelajaran baik itu nilai akademiknya maupun non akdemiknya”. Dari situ beliau berharap bahwa anak-anak yang nantinya melanjutkan ke MTsN 5 Ponorogo dan sudah mengantongi beberapa juz mereka akan difasilitasi dikelas tahfidz dan juga akan mendapatkan beasiswa dari kelas tahfidz.

Selanjutnya   ibu Siti Muflihah sebagai pengelola tafidz di MTsN 5 Ponorogo, beliau juga berkata bahwa “kami siap untuk menampung peserta didik yang memang berminat dan punya bakat untuk menghafalkan alqur’an di kelas tahfidz MTsN 5 ponorogo, tanpa pandang bulu, karena menurutnya menjadikan peserta didik yang bisa melek alqur’an itu lebih mulia dari pekerjaan apapun”.

Pada sesi terakhir, event  ini di tutup dengan pengumuman  hasil  lomba tahfidz MTsN 5 Ponorogo dimana  masing- masing kategori di ambil 3 terbaik yaitu juara 1, 2 dan 3. Mereka akan memperoleh hadiah berupa tropi, uang pembinaan dan sertifikat.

Dengan berakhirnya acara ini maka dari segenap panitia memberikan ucapan terimakasih,serta permohonan maaf  kepada seluruh peserta lomba,  bapak/ibu guru official yang telah ikut memeriahkan dan berpartisipasi dalam Event lomba tahfidz MTsN 5 Ponorogo. Semoga niat baik kita semua akan di catat oleh Allah sebagai amal hasanah fiddun-yaa khattal aahiroh. Jazaakumulloohu khoirul jaza.

MTS NEGERI 5 PONOROGO HEBAT DAN BERMARTABAT.

HIGHLIGHT EVENT TAHFIDZUL QUR’AN MTsN 5 PONOROGO TAHUN 2022
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.