Pembinaan ASN MTsN 5 Ponorogo oleh Kepala Kemenag Kab. Ponorogo
(dari kiri Bapak Dr. H. Nurul Huda, M.Pd., Bapak Drs. Moch. Haris, MPd.I., Bapak Drs. Moh. Adib Suhairi)

PONOROGO- Telah dilaksanakannya Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup kerja MTsN 5 Ponorogo oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Ponorogo, Bapak Dr. H. Nurul Huda, M.Pd., pada jum’at, 11 Maret 2022. Acara pembinaan tersebut bertempat di Aula MTsN 5 Ponorogo yang berlangsung secara lancar. Selain di hadiri oleh Kepala Kemenag Kab. Ponorogo, acara tersebut juga di hadiri oleh Bapak Drs. Moh. Adib Suhairi selaku pengawas MTsN 5 Ponorogo.

Acara pada pagi hari ini dibuka dengan pembacaan surotul fatihah yang kemudian dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Novy Anggraeni dari kelas 9F. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan Kepala MTsN 5 Ponorogo, yaitu Bapak Drs. Moch. Haris, M.Pd.I. Bapak Haris mengucapkan terimakasih atas kedatangan Bapak Nurul Huda, dan beliau berharap dengan adanya kegiatan pembinaan sekaligus perkenalan ini bisa memberikan pencerahan dan penyegaran bagi seluruh ASN dalam lingkup kerja MTsN 5 Ponorogo,  dimana nantinya bisa melaksanakan tugas dengan lebih semangat dan bisa semaksimal mungkin dalam bekerja.

Acara selanjutnya yaitu penyerahan trophy kejuaran kepada siswa-siswi MTsN 5 Ponorogo yang meraih prestasi dalam ajang Porseni Kabupaten dan Porseni Provinsi, selain itu juga dilakukan pemberian trophy lomba tahfidz dan futsal yang di selenggarakan oleh MTsN 5 Ponorogo, dimana partisipannya berasal dari SD/MI si lingkup kecamatan Jambon, Badegan, Kauman, dan sekitarnya yang di berikan oleh Bapak Nurul Huda, Bapad Moh. Adib Suhairi, dan Bapak Moch. Haris. Setelah itu acara dilanjutkan dengan penampilan salah satu ekstrakurikuler yang ada di MTsN 5 Ponorogo, yaitu Tari Bujang Ganong yang di bawakan oleh ananda Deva dari kelas 7F.

Memasuki acara selanjutnya adalah acara inti, yaitu Pembinaan ASN oleh Kepala Kemenag Kabupaten Ponorogo. Sebelum menyampaikan materinya, terlebih dahulu beliau memperkenalkan diri kepada seluruh civitas MTsN 5 Ponorogo, karena ini merupakan kunjungan pertamanya ke MTsN 5 Ponorogo. Kali ini materi pembinaan ASN yang disampaikan Bapak Nurul Huda adalah terkait tentang guru harus menjadi uswatun khasanah, disiplin kerja, pengembangan kelas tahfidz MTsN 5 Ponorogo, serta ASN harus memegang teguh PBNU (Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI, UUD 1945).

Hal utama yang disampaikan Bapak Nurul Huda adalah seorang guru tidak hanya menjadi pengajar bagi siswa nya, melainkan harus menjadi pendidik yang tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran saja, tetapi juga harus membentuk karakter dari siswa itu sendiri. Seorang guru juga harus bisa contoh yang baik bagi siswanya, serta guru  harus menjadi organisator bagi siswa. Selain itu, yang menjadi sorotan Bapak Nurul Huda adalah terkait kelas Tahfidz. Bagaimana nantinya kelas tahfidz dikembangkan, tidak hanya tentang hafalan Al Qu’an, tetapi juga tartil, serta bagaimana nantinya MTsN 5 Ponorogo menghasilkan produk-produk yang dikenal dalam masyarakat.

Memasuki acara selanjutnya ialah doa yang dipimpin oleh Bapak Imam Muhtar, S.Ag, yang dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan penutupan kegiatan Pembinaan ASN Lingkuup Kerja MTsN 5 Ponorogo.

Pembinaan Aparatur Sipil Negara (ASN) MTsN 5 Ponorogo

Leave a Reply

Your email address will not be published.