Dalam rangka untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaaan kita kepada Alloh SWT, MTsN 5 Ponorogo mengadakan Kegiatan simaan Alqur’an dalam rangka Akhirussanah kelas IX Tahfidz. Acara ini di laksnakan pada hari Sabtu 18 Juni 2022 di ruang Aula MTsN 5 Ponorogo yang dipelopori oleh kelas Tahfidzul Qur’an dan sudah menjadi agenda tahunan bagi kelas Tahfidz. Kegiatan ini untuk kali yang pertama di laksnakan mengingat selama hampir 2 tahun vacum karena adanya kondisi pandemi yang melanda dunia serta PPKM.
Dasar dari kegiatan ini adalah hadist Nabi yang berbunyi ‘ khoirukum man ta’allmal qur aana wa ‘allamahu yang artinya sebaik baik kamu adalah orang yang mempelajari alqur’an dan mau mengamalkanya, dan Iqroul qur’aana fainnahuu yaktii yaumal qiyaamati syafii’an li ashaabihi, yang artinya bacalah Alqur’an maka dia akan datang dihari qiyamah memberikan syafaatnya bagi sahabat-sahabatnya.

Kegiatan ini di mulai tepat pukul 07.00 s/d 17.30 waktu setempat dan diikuti oleh wali murid kelas tahfidz kelas 9E dan 9F yang berjumlah sekitar 84 dan seluruh karyawan dan karyawati MTsN 5 Ponorogo yang berjumlah 50 orang serta 12 hafidz dan hafidzoh pembina kelas Tahfidzul Qur’an MTsN 5 Ponorogo. Akhirusaanah ini di buka dengan membaca ummul qur’an dan di lanjutkan dengan dzikir dan tahlil yang di pimpin oleh Gus Ruri.
Tehnis pelaksanaan kegiatan ini di bagi menjadi tiga sesi .yakni sesi peertama juz 1 sampai denga juz 15 sebelum dhuhur, sesi kedua juz 16 sampai juz 25 sesudah dhuhur dan sesi ketiga juz 26 sampai juz 30 sesudah ashar.
Acara ini di buka oleh Bapak Kepala MTsN 5 Ponorogo, Drs. Moch Haris, M.Pd.I, dalam sambutanya beliau berpesan kepada anak anak tahfidz ‘’untuk mengamalkan alqur’an dalam kehidupan sehari hari, dan membiasakan diri untuk membaca alquran setiap hari. ‘’Tanamkanlah dalam diri kalian semua semboyan tiada hari tanpa Alqur’an.’’ Dengan menanamkan pola pikir yang seperti itu maka kalian akan terlatih dan terbiasa untuk membaca Alqur’an setiap hari dan lama kelamaan tanpa terasa kalian akan bisa menghafalkanya. Dari pembiasaan itulah yang akan menjadi sebuah kebiasaan.
Selanjutnyaa beliau juga memberikan arahan untuk memotivasi kepada siswa Bahwa: Para penghafal alqur’an itu sekarang telah banyak di berikan fasilitas-fasilitas kemudahan dari pemerintah melalui lembaga pendidikan baik untuk tingkat menengah ataupun untuk tingkat lanjutan terutama untuk Perguruan Tinggi. Diantaranya adanya program beasiswa 10 juz , 15 juz, 20 juz dan 30 juz. Dimana semua itu menunjukan bahwa para hafidz dan hafidhoh itu sudah di jamin oleh Allah SWT kebutuhanya, baik di dunia sampai nanti di akhirat.

Dalam kesempatan ini juga Siti Muflihah M.Pd.I selaku pengelola kelas tahfidz MTsN 5 Ponorogo juga berpesan kepada anak-anak tahfidz bahwa ’’Apa yang sudah kalian peroleh di MTsN 5 Ponorogo ini selama 3 tahun maka wajib hukumnya untuk di pertahankan, jangan sampai hafalan kalian yang sudah kalian hafalkan itu menjadi hilang. Maka kalau seandanya ini terjadi dosa hukumnya. Jadi waluapun satu juz atau dua juz harus tetap kalian muroja’ah setiap hari agar hafalan kalian semakin mutqin dan tidak akan hilang. Dalam ilmu tahfidz alqur’an ada prinsip yang harus kalian pegangi yakni tiada haafalan tanpa muroja’ah, karena bagi penghafal Alqur’an muroja’ah itu artinya setia sedangkan menambah hafalan atau mempertahankan hafalana itu artinya cinta. Jadi kedua duanya tidak dpt di pisahkan antara satu dengan yang lainya’’.
Acara ini berahkir hingga pukul 17.30 sore dan di tutup dengan doa bersama dan sujud syukur atas keberhasilan anak anak tahfidz yang sudah lulus 100% dan sudah memperoleh hafalan alquranya sebanyak 6 juz lancar dan mutqin, semoga kelak semuanya bisa menjadi hafidz dan hafidzoh.
MTsN 5 PONOROGO HEBAT
MTsN 5 PONOROGO BERMARTABAT
MTsN 5 PONOROGO MANDIRI
MTsN 5 PONOROGO BERPRESTASI
JAYA…. JAYA…. JAYA…. YESSSSSS

HIGHLIGHT ACARA SIMAAN AL-QUR’AN DAN AKHIRUSSANAH KELAS IX TAHFIDZ MTsN 5 PONOROGO 2022
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published.